Andri Muhyidin dkk Ciptakan Market Place untuk Permudah Manajemen Perlombaan Berbasis Online melalui Aplikasi LombaKita.com

Melalui Program Kreatifitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti 2018, mahasiswa UNY yang terdiri dari Andri Muhyidin, Luthfi Rohmatulloh, dan Erna Fitriana menghadirkan sebuah solusi berupa sebuah aplikasi berbasis website yang dapat membantu dalam memanajemen perlombaan. Analisis data google trend menunjukan bahwa jumlah pencarian kata lomba di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun 2012 hingga 2017 sebesar 44%, sedangkan di World Wide dengan kata kunci Competition sangat fluktuatif dan cenderung menurun sebesar 14% dari tahun 2012 hingga 2017. Hal ini menunjukan bahwa antusiasme sebagian besar masyarakat dunia khususnya di Indonesia masih tergolong tinggi untuk mengikuti perlombaan khususnya yang bersifat online submission.

Disisi lain sebagai bagian dari proses perlombaan, terdapat beberapa permasalahan dari sisi penyelenggara seperti kesulitan mendapatkan peserta (publikasi), arsip dokumen perlombaan tahun sebelumnya yang kerap hilang, serta belum terdapat manajemen perlombaan yang dapat mengintegrasikan rangkaian perlombaan dari pendaftaran, pembayaran, submissions, penjurian, hingga laporan perlombaan yang dapat membantu penyelenggara. Selain itu terdapat juga masalah dari sisi peserta, menurut beberapa mahasiswa yang aktif mengikuti perlombaan masalahnya adalah minimnya reminder batas akhir perlombaan, kurangnya update informasi perlombaan yang sesuai dengan peminatan, serta kurangnya integrasi layanan agar lebih mudah berpartisipasi dalam perlombaan.

LombaKita menggunakan teknologi berbasis website dengan dukungan bootstrap supaya lebih user friendly. Andri memaparkan bahwa “aplikasi LombaKita memiliki beberapa keunggulan seperti sebagai gateway antara penyelenggara lomba dan peserta lomba, sebagai pusat informasi perlombaan sekaligus pusat manajemen perlombaan yang terintegrasi dengan berbagai media sosial dan notifikasi langsung untuk seluruh pengguna LombaKita tentang lomba yang tersedia, penyelenggara perlombaan dapat melakukan publikasi secara masif dan tertarget dengan dengan memanfaatkan data pengguna yang bisa dianalisis sesuai dengan kebutuhan publikasi dan dan dapat memudahkan dalam hal administrasi, pengarsipan, dan laporan penyelenggaraan lomba.”

Lebih lanjut Luthfi menjelaskan “untuk menggunakan aplikasi ini cukup dengan mengakses LombaKita.com, membuat akun, kemudian cari perlombaan dan ikuti perlombaan yang ada pada lombakita” Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur – fitur seperti satu akun untuk segala jenis perlombaan, fitur kuis, submission berkas, validasi pembayaran, notifikasi perlombaan, hingga laporan jalannya perlombaan. Adanya aplikasi LombaKita ini diharapkan manajemen perlombaan baik dari sisi peserta maupun penyelenggara perlombaan akan semakin baik, sehingga akan meningkatkan produktifitas dan efektifitas manajemen perlombaan berbasis online.