Beasiswa BIDIKMISI Mewujudkan Impian

Uswatun Khasanah adalah salah satu mahasiswa di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang mendapatkan beasiswa bidikmisi. Indeks prestasi yang dicapainya cukup mencengangkan yakni 3,95. Inilah kisahnya. Sejak masih duduk di sekolah dasar, Us – demikian panggilan akrabnya, telah memiliki peta untuk studi lanjutnya di SMP dan SMA. Dan pada saat sekolah di SMKN 1 Magelang Jurusan Elektro, Uswatun telah berkeinginan untuk dapat studi lanjut ke perguruan tinggi. Ibunya, Sutilah, hanya bisa pasrah mendengar kemauan Uswatun karena membayangkan tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah di perguruan tinggi.

Ayahnya, Nurrokhman, mengatakan bahwa pada saat wisuda Ketua Jurusan Elektro SMKN 1 Magelang, Wakijan, ingin bertemu dengannya. “Ternyata beliau memberi kabar gembira bahwa anak saya diterima di UNY,” kata Nurrokhman. Pria yang berprofesi sebagai pembuat tepung/pati dari pohon aren tersebut seketika panik memikirkan uang untuk membayar kuliah. Untunglah Wakijan menjelaskan bahwa gadis kelahiran Magelang 22 November 1995 tersebut diterima melalui jalur bidikmisi sehingga bebas biaya kuliah, dan masih mendapat uang pembinaan bulanan. “Saya sangat bersyukur mendengarnya,” haru Nurrokhman.

Prestasi Uswatun di kampus juga tidak mengecewakan. Selain mendapat indeks prestasi cum laude, warga Tuksongo, Borobudur, Magelang tersebut juga aktif pada himpunan mahasiswa elektronika, kerohanian Islam Fakultas Teknik UNY serta Forum Mahasiswa Bidikmisi UNY. Menurut Uswatun, untuk membagi waktu antara kuliah dan kegiatan, penugasan perkuliahan diselesaikan sesegera mungkin. Bila ada rapat organisasi, jam 21.00 Uswatun selalu pulang untuk fokus pada tugas kuliah seperti mengerjakan tugas, dan sebagainya.

Ketika ditanya mengapa memilih kuliah di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika, dia menyatakan, “Karena prodi ini linier dengan pendidikan saya di sekolah dulu,” jawabnya. Sebenarnya Uswatun juga telah diterima pada perguruan tinggi negeri lain pada Jurusan Matematika namun dia memilih UNY sebagai pilihan karena sejalur dengan jurusannya di SMK. (dedy)