Dosen UNY Presentasi Makalah di Konferensi Internasional di Hong Kong

Dosen Prodi Pendidikan Teknik Elektronika (PTE) dan Prodi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Muslikhin dan Nur Hasanah terpilih menjadi salah satu pembicara dalam konferensi internasional. Pada konferensi bertajuk The 5th International Conference on Informatics, Environment, Energy and Applications (IEEA 2016) itu Muslikhin berbagi ilmu mengenai pentingnya pemetaan energi terbarukan menggunakan Internet of Things, sedangkan Hasanah berbagi tentang algoritma ANN sebagai spceech control peralatan elektronik.

Dalam konferensi yang berlangsung di Chulalongkorn University, German University in Cairo dan SCEI di Hong Kong, Muslikhin menyajikan karya ilmiah berjudul “Internet of Things for Survey of Renewable Energy Potential (SREP) as the Basis for Hybrid Power Plant Development”. Sedangkan Hasanah mempresentasikan karya “Speech Recognizing for Presesntation Tool Navigation Using Backpropagation Artificial Neural Network”, yang diselenggarakan pada March 26-28, 2016 itu.

Melalui konferensi ini, partisipan berkesempatan untuk mendengarkan, berbagi, dan mendiskusikan berbagai aplikasi informatika dalam kaitannya dengan lingkungan, energi bersama anggota yang hadir. Partisipan juga dapat mempresentasikan hasil penelitian terbaru, berdiskusi dengan anggota IEEA dari berbagai negara. Konferensi IEEA 2016 dihadiri utusan dari berbagai perguruan tinggi dari 16 negara dengan 109 makalah yang kemudian dipresentasikan secara paralel.

Konferensi IEEA diselenggarakan annual, pertama pada 2013 di Singapura, 2014 di Indonesia, 2015 di Thailand dan 2016 ini di Hong Kong. Dalam konferensi IEEA tersebut ada enam keynote speaker Prof. Charles M. Falco dari University of Arizona, USA; Prof. David Lin, dari National University of Tainan, Taiwan; Prof. Danny Sutanto dari Australian Power Quality & Reliability Centre, University of Wollongong, Australia; Prof. Frank Gunzer, dari German University in Cairo, Mesir; Prof. Chawalit Ratanathamsakul, dari Chulalongkorn University, Thailand; Assoc.Prof. Bhed Bahadur Bista dari Iwate Prefectural University, Jepang. Seminar tersebut merupakan ajang bagi untuk mengasah kemampuan kami selaku dosen muda di kancah internasional, tutup Nur Hasanah. (Mus).