HIMANIKA SHORT COURSE 2016

Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Informatika (HIMANIKA) pada tanggal 8 April 2016 bertempat di Gedung KPLT lt.3 mengadakan sebuah kegiatan HIMANIKA Short Course 2016 (HSC 2016) dengan tema “Penerapan IoT Dalam Teknologi Kreatif Untuk Menghadapi MEA” yang merupakan program kerja dari Departemen Penalaran.
Internet of Things atau dikenal dengan singkatan’IoT merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. HIMANIKA sebagai suatu organisasi yang ada di bawah jurusan Pendidikan Teknik Elektronika merasakan bahwa IoT di Indonesia khususnya di Yogyakarta sedang berkembang dan sangat perlu untuk dikembangkan.
Dengan tema tersebut, HIMANIKA mengundang dua orang pembicara yaitu Bapak Supra Yoga Pratama S.Kom dan Bapak Aulia Faqih M.Eng. Acara ini juga dihadiri Bapak Wakil Dekan III FT UNY yang sekaligus membuka acara HIMANIKA Short Course.“Kegiatan ini diharapkan bisa dikembangkan lagi hasilnya supaya bisa dimanfaatkan lagi pada program-program kreatifitas mahasiswa ataupun proyek akhir mahasiswa,” kata Bapak Dr.Giri Wiyono (Wakil Dekan III FT UNY).
Setelah acara dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan materi pertama dari MediaWeb, Bapak Supra Yoga Pratama,S.Kom menjelaskan mengenai IoT di Indonesia, dengan adanya IoT ini kita diharapkaan akan lebih mudah dalam kehidupan sehari-hari. Contoh perkembangan IoT di Indonesia itu seperti di MMTC, StartUp di bidang IoT : eFishing,CI agriculture.
Setelah pemateri pertama kemudian dilanjutkan dengan pemateri kedua dari Intel, Bapak Aulia Faqih M.Eng yang menjelaskan lebih kepada penerapan IoT untuk menghadapi MEA.Yang seharusnya dipikirkan jangan hanya pada lingkupan ASEAN saja tetapi secara global, karna secara berangsur-angsur saingan bangsa Indonesia tidak hanya masyarakat ASEAN saja tetapi masyarakat di Dunia. Selain itu juga beliau menunjukan beberapa alat yang membuat para peserta terpana seperti Arduino 101 , Arduino Galileo, kemudian beliau juga mendemokan aplikasi dan alat yang saling terhubung menggunakan internet yaitu alat sensor gas LPG dan Temperatur.
Pada sesi akhir juga dibagikan beberapa doorprize kepada peserta yang menghadiri kegiatan tersebut. Selain itu juga para peserta yang bertanya juga mendapatkan doorprise yang sangat menarik. (sanis)