Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Juara 3 di IslamicICT Fair 2015 Universitas Indonesia

Empat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta berhasil merebut juara 3 pada IslamicICT Fair 2015. Mereka adalah Ahmad Tahalli, Fauzi Solichin, Arief Budiastana Putra, Zulfa Kurnianta yang berasal dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika angkatan 2013.

Tergabung dalam satu tim, mereka berhasil mengalahkan puluhan peserta lain pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, tanggal 21 Maret lalu. IslamicICT Fair merupakan kompetisi game dan aplikasi bernuansa islami yang diselenggarakan tiap tahun oleh Forum Ukhuwah dan Kajian Islam (FUKI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Dari beberapa tim yang berpatisipasi, hanya satu perwakilan tim dari Universitas Negeri Yogyakarta yang lolos final hingga akhirnya mendapatkan juara ketiga.

Aplikasi yang dikembangkan adalah aplikasi yang diberi nama IAR atau “Iqra’ Augmented Reality”, yaitu suatu aplikasi berbasis Android yang memudahkan seseorang dalam membaca buku Iqra’ secara mandiri. Aplikasi ini bekerja ketika seseorang memindai huruf pada halaman buku Iqra’ dengan kamera, maka akan muncul suara pengucapan sesuai hurufnya.

“Harapannya pengguna dapat belajar Iqra’ secara mandiri dan Aplikasi ini dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi, dengan menambahkan fitur benar salah dari ucapan pengguna saat membaca buku Iqra’ ” ujar Ahmad Tahalli salah satu anggota tim. (afr/meg)

 

Tags: