MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA RAIH JUARA 1 DALAM LOMBA ELTRACO 2018 TINGKAT NASIONAL

ELTRACO (Electrical Line Tracer Contest ) adalah sebuah ajang kompetisi adu cepat dan adu strategi robot dalam mengikuti garis sebagai lintasan. ELTRACO merupakan kompetisi line follower tingkat Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro STTNAS Yogyakarta yang mana ditujukan untuk siswa-siswi SMA/SMK-sederajat dan Mahasiswa Perguruan Tinggi. ELTRACO bertujuan untuk menyiapkan bibit-bibit muda dalam menguasai bidang ilmu teknologi, khususnya dalam bidang robotika.

ELTRACO 2018 dilaksanakan pada tanggal 28 April 2018 bertempat di Gedung Student Center STTNAS Yogyakarta. Pada tahun ini, ELTRACO mengusung tema “Speed Precision and Accuration Robot”. Perlombaan tingkat Nasional ini diikuti sekitar 60 tim dari beberapa Instansi terkait, masing-masing tim terdapat anggota 1-2 orang. Pada perlombaan kali ini peserta akan memperebutkan beberapa kategori yaitu juara 1, 2, 3 dan juara 4.

Dalam perlombaan ini, terdapat beberapa babak penyisihan. Mulai dari babak 32 besar, 16 besar, 8 besar hingga 4 besar (Final). Tentu babak demi babak tidak mudah untuk dilewati. Pada babak penyisihan 32 besar sudah terjadi persaingan yang cukup sengit. Terbukti, hasil selisih waktu tiap Tim dalam mencapai garis finish hanya berselisih seper sekian detik saja. Hingga pada puncaknya yaitu babak final. Pada babak final ini sudah dilakukan perubahan lintasan yakni dengan ditambahkan rintangan 3D berupa tanjakan. Pada babak ini penilaian memakai sistem point (banyak-banyakan finish). Fardiansyah Nur Aziz, sebagai salah satu perwakilan Tim dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika yang lolos ke babak final mengungkapkan bahwa dalam pertandingan ini diperlukan strategi yang matang dalam memprogram robot agar tidak terjadi error. “Kami bekerja keras dalam mengatur strategi, selain untuk memastikan robot agar sampai ke dalam garis finish namun juga memastikan agar robot benar-benar aman dan terhindar dari tabrakan antar robot”, ujarnya.

Pada perlombaan ini, Tim dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yakni Tim ICHIBOT FF yang beranggotakan Fardiansyah Nur Aziz / Pendidikan Teknik Elektronika 2017 dan Furqon Nirwansyah / Pendidikan Teknik Elektronika 2017 berhasil meraih juara 1 dengan mengumpulkan point tertinggi. Juara ke 2 diraih oleh Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Juara ke 3 diraih oleh Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan juara 4 diraih oleh Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD). #SAT, MUS