PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DOSEN JPTEI FT UNY: WORKSHOP PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS E-LEARNING DALAM RANGKA MENYONGSONG REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL

Perkembangan Revolusi Industri 4.0 yang begitu pesatnya mengubah dunia pendidikan tidak terbatas hanya pada ruang kelas namun juga ke ruang virtual. Konsep pendidikan pada dunia virtual ini sering disebut dengan e-Learning. E-learning telah banyak diterapkan di berbagai institusi pendidikan baik dalam maupun luar negeri. Namun, belum semua institusi pendidikan termasuk di SMK memanfaatkan kemudahan e-Learning. Oleh karena itu, dalam rangka program Pengabdian pada Masyarakat (PPM), tim PPM dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika (JPTEI), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta yang diketuai oleh Dr. Pramudi Utomo mengadakan kegiatan yang bertajuk Workshop Penyusunan Bahan Ajar Berbasis E-learning dalam Rangka Menyongsong Revolusi Industri 4.0 di SMK N 1 Saptosari, Gunung Kidul.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Gunung Kidul. Dalam sambutannya, Drs. Sangkin, M.Pd. mengatakan bahwa indikator sekolah maju diantaranya, yaitu: (1) Seberapa besar serapan lulusan terhadap dunia kerja; (2) Nilai akademik yang tinggi; (3) Prestasi non akademik yang baik. Bapak Sangkin berharap workshop penyusunan bahan ajar berbasis e-learning ini dapat meningkatkan kompetensi dan inovasi guru dalam pembelajaran di sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK N 1 Saptosari dalam sambutannya meyampaikan bahwa PPM dosen ini inline dengan program SMK dalam rangka pemasyarakatan literasi digital. Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan sangat membantu proses pembelajaran. Workshop penyusunan bahan ajar berbasis e-learning diharapkan mampu mendorong guru untuk berkreativitas dalam penyusunan bahan ajar dan pembelajaran.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Dosen yan terdiri dari Dr. Drs. Pramudi Utomo M.Si., Dr. Dra. Umi Rochayati M.T., Suprapto S.Pd., M.T., Ph.D., Drs. Kadarisman Tejo Yuwono M.Pd., Indra Hidayatulloh, S.Kom., M.T., dan Purno Tri Aji M.Eng. menyampaikan materi : (1) Macam bahan ajar, e-learning sebagai bahan ajar; (2) Format modul dan diktat dan penilaiannya; (3) Tata aturan penulisan karya ilmiah. Workshop ini berlangsung sehari penuh pada tanggal 26 Juli 2019 dan diikuti oleh 65 guru SMK N 1 Saptosari. Selama kegiatan berlangsung, antusiasme peserta sangat tinggi. Banyak pertanyaan dari peserta kepada narasumber pada sesi diskusi.