Tim Robot UNY Berjaya di Kontes Robot Regional III 2016

Tim robot Universitas Negeri Yogyakarta kembali mengukir prestasi, kali ini di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional III 2016 yang diselenggarakan di Auditorium Imam Bardjo, Universitas Diponegoro, Semarang, pada tanggal 21-23 April 2016. Selain UNY, ada Sebanyak 30 universitas lain dari Jawa Tengah, DIY dan Kalimantan yang tergabung dalam regional ini.

Mereka adalah tim yang telah lolos dari seleksi tahap I di propinsi masing-masing dengan mengikuti lima kategori yakni Kontes Robot ABU Indonesia, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia, Kontes Robot Seni Indonesia, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia dan Ekshibisi Sepak Bola Beroda. TIm Robot UNY lolos untuk semua kategori dalam event kali ini. Dosen dan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika ikut bergabung dalam Tim Robot UNY .

Tim Robot UNY berhasil menyabet sejumlah gelar pada kontes ini. Tim MAESTRO_EVO berhasil menjadi Juara 1 Kontes Robot ABU Indonesia, Juara Desain Terbaik Kontes Robot ABU Indonesia, Juara Strategi Terbaik Kontes Robot ABU Indonesia sedangkan Tim GARENK PUNK menyabet gelar Juara 2 Kontes Robot Pemadam Api Berkaki Indonesia. sementara Tim AL-’ADIYAAT menjadi Juara 2 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia.

Tim ROSMERY sempat didaulat sebagai Juara 1 Kontes Robot Seni Tari Indonesia, namun diralat juri menjadi Juara 2 Kontes Robot Seni Tari Indonesia, hal ini cukup kontroversial. Sedangkan Tim MOBO_EVO menduduki Peringkat 5 Kontes Robot Pemadam Api Beroda Indonesia. Nantinya, pemenang dari Kontes Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Robot Tingkat Nasional pada tanggal 1-4 Juni 2016 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Ketua Dewan Juri KRI 2016, Wahidin Wahab mengatakan bahwa dari tahun ke tahun diadakan KRI, temanya semakin rumit dan memaksa peserta memikirkan ide dan kreativitas untuk menerapkan ilmunya untuk diaplikasikan ke dalam robot. Dengan pelaksanaan KRI 2016 ini, Wahidin berharap mahasiswa yang merupakan harapan bangsa bisa mendalami teknologi dalam pendidikan khusus, yaitu dengan cara mengaplikasikan semua teknologi dalam kontes robot ini.

Berikut adalah tema-tema yang diusung dalam lomba robot tahun ini. Kontes Robot ABU Indonesia – KRAI ialah “Efisiensi Energi Terbarukan”, Kontes Robot Pemadam Api Beroda Indonesia – KRPAI Beroda dan Kontes Robot Pemadam Api Berkaki Indonesia – KRPAI Berkaki mengusung tema “Robot SAR Pemadam Api”, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – KRSBI mengusung tema “Liga Sepakbola Humanoid” dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia – KRSTI mengusung tema “Tari Topeng Betawi”