Dua Mahasiswa dari Teknologi Informasi DPTEI UNY Mengikuti Program Taiwan Experience Education Programs (TEEP)

Yogyakarta, 10 April 2024 – Dua mahasiswa dari Departemen Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, Program Studi Teknologi Informasi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Satya Adhiyaksa Ardy dan Alim Tegar Wicaksono, telah berangkat ke Taiwan pada tanggal 10 April 2024, bertepatan dengan Hari Lebaran 2024, untuk mengikuti salah satu program dari Taiwan Experience Education Programs (TEEP), yakni program “Computational Intelligence in the Next Generation Network” di Mobilizing Information Technology Lab (MIT Lab), National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Program ini sendiri memiliki fokus pada pengembangan sistem cerdas untuk jaringan generasi berikutnya (B5G/6G) dan penelitian lain terkait teknologi informasi dan kecerdasan buatan.

Sebelum keberangkatannya, kedua mahasiswa ini baru saja menyelesaikan yudisium sebagai bagian dari kelulusan mereka. Selain itu, selama mengikuti penelitian di MIT Lab, NTUST, keduanya juga akan menerima stipend bulanan antara 12,000 hingga 15,000 New Taiwan Dollar (NTD), yang akan mendukung biaya hidup mereka selama di Taiwan. Kegiatan ini tidak hanya memberi mereka kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan teknis yang telah dipelajari, tetapi juga untuk mengalami budaya baru dan meningkatkan kemampuan berkolaborasi secara internasional.

Program dari TEEP memberikan kesempatan yang berharga bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam proyek penelitian yang inovatif dan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam lingkungan yang kompetitif. Dan selain kegiatan akademik, mahasiswa yang mengikuti program dari TEEP juga memiliki kesempatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia di Taiwan, menambahkan dimensi budaya yang kaya pada pengalaman belajar mereka.

UNY berkomitmen untuk mendukung mahasiswa dalam berbagai kesempatan internasional, memastikan bahwa mereka memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk berhasil. [admin dptei]