"Menembus Batas: Kisah Sukses Pertukaran Pelajar di Departemen Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika"

[INDONESIA – LATVIA] -- Jihan Ramadhana, mahasiswa semester 6 Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika dari program studi Teknologi Informasi, sedang menjalani program pertukaran pelajar di Eropa, tepatnya di Daugavpils University, Latvia. Program ini merupakan bagian dari kerja sama antar kampus Universitas Negeri Yogyakarta dan Daugavpils University menggunakan skema Erasmus+. Jihan mendapatkan kesempatan untuk menetap dan menempuh pendidikan selama satu semester penuh, tepatnya pada Spring Semester 2024, di bawah Faculty of Natural and Sciences Daugavpils University dalam program Information Technology. Jihan meninggalkan Indonesia pada bulan Februari dan dijadwalkan untuk menyelesaikan masa studinya di Bulan Juni.

Selama masa studinya di Daugavpils University, Jihan ditugaskan untuk mengambil 30 ECTS (European Credit Transfer and Accumulation System), yang setara dengan 21 SKS (Sistem Kredit Semester). Daugavpils University menyediakan beragam mata kuliah yang menarik bagi Jihan, dan ia memilih untuk mengambil mata kuliah Object Oriented Programming, Probability Theory and Mathematical Statistics, Databases II, Java Programming I, Technical Graphics, English for Information Technology, Data Statistical Processing II, dan Fundamental of AI. Sebagai mahasiswa internasional, Jihan juga mengikuti kelas Bahasa Latvia, menambahkan dimensi budaya yang kaya pada pengalaman belajarnya.

Selain kegiatan akademik, Jihan juga melakukan pembelajaran budaya dan tentunya juga mengenalkan budaya Indonesia, seperti yang terjadi saat Welcoming Week. Jihan dan mahasiwa Indonesia lainnya mengenalkan Indonesia ke mahasiswa Latvia dan mahasiswa internasional lainnya. Mereka menyampaikan mengenai banyak hal mengenai Indonesia, mulai dari letak geografis, budaya, tempat wisata, dan hal menarik lainnya.

Semua biaya yang diperlukan Jihan selama masa studi di Latvia ditanggung oleh program Erasmus+, mencakup biaya studi, biaya hidup bulanan (termasuk akomodasi di asrama), dan biaya perjalanan. Jihan bukanlah satu-satunya mahasiswa perwakilan Indonesia, ia berangkat dengan dua mahasiswa lainnya. Program pertukaran pelajar ini juga melibatkan mahasiswa dari berbagai negara lain, seperti Albania, Belgia, Cape Verde, Jerman, Georgia, Italia, Lesotho, Filipina, Tajikistan, Turki, dan Slovakia, menciptakan lingkungan belajar multikultural yang berharga.

Untuk memperoleh beasiswa ini, Jihan melewati beberapa prosedur seleksi, termasuk mengikuti English Proficiency Test, dalam kasus ini, Jihan mengumpulkan TOEFL, untuk memastikan kemampuan bahasa Inggrisnya, mengikuti wawancara atau interview, dan mengumpulkan dokumen hasil studi yang berisi IPK dari mata kuliah yang telah ia tempuh sebelumnya.

Pengalaman Jihan di Daugavpils University tidak hanya membuka pintu bagi pengetahuan akademik yang mendalam, tetapi juga memperluas wawasan budaya dan memperkaya pengalaman belajar internasionalnya. Dengan dukungan penuh dari program Erasmus+, Jihan siap untuk menjelajahi dan mengambil manfaat dari setiap momen yang dialami selama masa studinya di Latvia. [admin dptei]