BCA SMART PAYMENT ide gagasan tim Informatika UNY Meraih Juara 2 pada BCA Tech Day

Torehan prestasi kembali diraih oleh mahasiswa-mahasiswa Prodi Informatika. Melalui Ide gagasan BCA SMART PAYMEN tim Prodi Informatika meraih juara 2 dalam acara BCA Tech Day yang diselenggarakan pada tanggal 10 Desember 2016 di The Alana Yogyakarta Hotel dan Convention Center.

Tim Informatika yang beranggotakan Ratna Mutiara, Galih Malela D., Muntaz F, M. Arif Sulistya, Taufik Anwar S., Yudha, Bintang Muhammad, Deni Kurnianto N., Fauzi Solichin, dan Wenang Herdama S merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Informatika dengan berbagai angkatan. Mereka tergabung menjadi tim dan membuat gagasan BCA SMART PAYMENT. Berbagai macam keahlian tim yang dimiliki diantaranya Web Development, Mobile Apps Development serta Design UX memberikan gagasan dan ide yang begitu cemerlang dalam dunia bisnis.

BCA SMART PAYMENT merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mengurangi lama antrian ketika pembeli melakukan transaksi pembayaran di kasir dengan mengaplikasikan SAKUKU dari Bank BCA yang dimodifikasi agar bisa melakukan scan barcode barang yang dibeli. Ketika pelanggan ingin membeli suatu barang di sebuah Department Store, pembeli tersebut tinggal login menggunakan SAKUKU dan melakukan scan barcode yang tertera di setiap barang yang ingin dibelinya. Setelah selesai melakukan pemilihan barang yang dibeli, pembeli atau pelanggan dapat membayar langsung menggunakan SAKUKU dengan saldo yang ada. Jika saldo tidak mencukupi, akan muncul notifikasi peringatan bahwa saldo tidak mencukupi untuk melakukan pembelian. Setelah pembeli selesai membayar, akan muncul barcode untuk dilakukan verifikasi di kasir. Selain fitur tersebut, BCA SMART PAYMENT juga terdapat fitur payment report untuk meningkatkan manajemen pelanggan dalam berbelanja di setiap bulannya.

Event BCA Tech Day merupakan agenda dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang mendukung penuh perkembangan dan kontribusi dunia digital dan teknologi dalam kehidupan masa kini untuk mempermudah dan memberi nilai tambah bagi kualitas kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk dukungan BCA adalah dengan menggelar acara BCA Tech Day yang diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 10 Desermber 2016 di The Alana Yogyakarta Hotel dan Convention Center. Dalam BCA Tech Day ini menampilkan perkembangan teknologi khususnya di dunia perbankan kepada kurang lebih sekitar 350 peserta (mahasiswa termasuk dosen). Acara yang ditujukan bagi mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta ini terdiri dari 3 bagian yakni Tech Land, Tech Vation, Tech Talk. Mahasiswa dan para dosen pemdamping dapat menambah wawasan mengenai perkembangan teknologi, khususnya di bidang perbankan melalui berbagai booth yang telah tersedia seperti booth Scrum, IT Network and Infrastructure, Application, BCA API, Fun Facts dan bahkan mahasiswa dapat menggali informasi mengenai peluang bergabung dan menjadi bagian dari keluarga besar BCA di booth karir. Tidak hanya menggali informasi mengenai teknologi perbankan di BCA, mahasiswa juga ditantang untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki melalui kompetisi Tech Vation. Pengembangan mobile application dipilih menjadi tema kompetisi mengingat tingginya penetrasi teknologi digital. Selama kompetisi berlangsung, para peserta akan didampingi oleh mentor dari BCA untuk menginformasikan produk maupun layanan BCA berbasis digital. (MIM)

Tags: