Quran Whiz: Aplikasi Hafidz Al-Qur’an kreasi Mahasiswa UNY Berhasil Menyabet Juara 2 di Ajang MTQMN 2023

Selain menghasilkan lulusan yang inovatif, Universitas Negeri Yogyakarta juga ingin memiliki lulusan yang bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa. Unsur takwa ini dibuktikan dengan adanya prestasi yang ditorehkan oleh tiga mahasiswa UNY pada ajang MTQ Mahasiswa Nasional yang ke-XVI tahun 2023. Mahasiswa tersebut berhasil menyabet juara 2 dalam Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an (DAQ).

Tiga mahasiswa tersebut adalah Nazaludin Nur Rahmat, Apry Aditya Saputra, dan Triandi Aprilio dari Teknologi Informasi. Mereka bertiga menamakan diri mereka tim Fisabilliah dan melakukan pengembangan aplikasi didampingi seorang dosen, Hamdan Djainudin, M.Pd.

Berangkat dari keresahan tim terhadap rendahnya minat generasi muda dalam memperdalam ilmu agama sejak pandemi, Tim Fisabillilah berupaya mengembangkan aplikasi mobile untuk belajar Al-Qur’an sehingga generasi muda dapat mempelajari Al-Qur’an kapanpun dan dimanapun. Aplikasi edukatif ini dibuat dengan memasukkan unsur gamifikasi, sehingga diharapkan remaja dan anak-anak semakin termotivasi untuk memperdalam ilmu agama.

Dataset yang digunakan adalah data dari Rest API Al-Qur’an Kementerian Agama, lengkap dengan tafsir dan terjemahannya serta audio murottal, dan ayat acak dari Kemenag. Selain berhasil menjuarai MTQMN, aplikasi yang diberi nama Qwhizzy ini juga mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Dalam pengembangan Qwhizzy, Tim Fisabillilah melakukan empat kali tahap uji coba selama empat bulan. Tahap pertama adalah proses standarisasi materi oleh enam orang dosen dan mentor dari Pendidikan Agama Islam UNY. Tahap kedua adalah mengumpulkan umpan balik dari 20 pengguna untuk finalisasi pengembangan. Tahap ketiga, tim mengujicobakan aplikasi pada 30 orang santri dalam lingkungan TPA dengan memberikan pretest dan posttest. Pada tahap tersebut, terdapat hasil yang signifikan terhadap pengetahuan Al-Qur’an santri sesudah menggunakan aplikasi. Sehingga, pada tahap keempat, pengembangan aplikasi difinalisasi dengan target pengguna yang lebih luas.

Tim Fisabillilah ini membuktikan bahwa penerapan teknologi informasi yang tepat tidak hanya membantu manusia dalam urusan duniawi, namun juga dapat digunakan untuk memperoleh manfaat ilmu agama. Profisiat atas prestasi yang ditorehkan oleh Tim Fisabillilah, semoga muncul Tim Fisabillilah lain yang dapat mengharumkan nama Universitas Negeri Yogyakarta di kemudian hari.